INTERNATIONAL BUSINESS VISIT SINGAPORE-MALAYSIA

BV2

 

Business Visit Singapore-Malaysia 2018 merupakan sebuah program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga di bawah naungan Departemen S1 Manajemen Universitas Airlangga. Business visit 2018 dilaksanakan pada tanggal 14-17 Oktober 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 29 mahasiswa dari berbagai angkatan, baik mahasiswa S1 manajemen maupun alih jenis. Peserta BV mengunjungi beberapa instansi penting di Singapura dan Malaysia. Kunjungan pertama dilakukan di Port of Tanjung Pelepas (PTP) Johor Bahru Malaysia. Pelabuhan ini merupakan Pelabuhan tersibuk yang ada di Malaysia, khususnya Johor Bahru. Disana, peserta BV, sebagai Mahasiswa manajemen Universitas Airlangga diajak untuk terjun langsung dan melihat bagaimana kegiatan operasional yang dilakukan di pelabuhan tersebut, bagaimana PTP merespon dan mengatur kapal masuk dan keluar, serta belajar bagaimana proses bisnis yang dilakukan oleh PTP.

Hari kedua, peserta melakukan kunjungan di Port of Singapore Authority yang merupakan Pelabuhan peti kemas terbesar di Singapura. Menurut data, pelabuhan ini merupakan pelabuhan tersibuk kedua di dunia setelah Shanghai, China. Dengan mengandalkan teknologi yang super canggih dan juga adanya beberapa wilayah yang dimiliki oleh PSA dalam membagi tiap-tiap daerah sesuai dengan bidang atau kategori barang angkutnya, Kami diajak untuk berdiskusi di tower PSA untuk melihat secara langsung bagaimana kegiataan operasional yang dilakukan oleh Pelabuhan tersibuk dan terbesar di Singapura.

Pada hari terakhir (hari ketiga), peserta mengunjungi Marina Barrage Singapore. Marina Barrage merupakan bendungan yang dibuat untuk mengatur keluar masuknya air yang ada di Singapore. Selain sebagai bendungan, Marina Barrage juga memiliki suatu ruangan yang berisi rencana Singapore kedepan terkait permasalahan lingkungan, termasuk pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Harapan dari program ini adalah peserta diharapkan mampu belajar tentang kegiatan operasional suatu perusahaan, proses bisnis yang dilakukan perusahaan, serta pengimplementasian teknologi pada perusahaan. Ketiga hal tersebut adalah pokok bahasan pada beberapa mata kuliah di program studi S1 Manajemen Universitas Airlangga.

Hits 52

Terpopuler